Seiring dengan berkembangnya zaman, maka pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat secaa tajam. Hal tersebut disebabkan karena meningkatnya kebutuhan manusia akan berbagai macam komoditas. Sehingga mengakibatkan kenaikan harga pada komoditas tertentu yang paling diminati masyarakat seperti makanan, pakaian, dan lain-lain. Oleh karena itu saat ini telah banyak ditemukan kalangan masyarakat yang akhirnya terjun ke dalam bidang wirausaha sebab memiliki satu pekerjaan tetap dianggap tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari.Saat ini beragam jenis usaha dapat kita temukan seperti usaha kuliner, usaha penyedia jasa skala kecil, dan lain-lain dimana jenis usaha yang paling banyak ditemukan adalah usaha dengan modal awal yang kecil. Namun tidak jarang juga masyarakat dengan kemampuan ekonomi menengah ke atas juga memutuskan untuk terjun ke dalam dunia bisnis dengan mendirikan perusahaan kecil, salah satunya adalah CV. Mendirikan perusahaan baik skala kecil maupun skala besar memang bukan perihal yang mudah apalagi bagi para pemula dalam dunia bisnis. Oleh karena itu saat ini telah tersedia beragam jasa yang dapat membantu anda untuk mendirikan sebuah perusahaan. Salah satunya adalah jasa pengurusan CV Sidoarjo yang akan mempermudah anda dalam hal legalitas hukum perusahaan yang anda jalankan.

CV sendiri merupakan singkatan dari CommanditaireVenotschap atau di dalam Bahasa Indonesia memiliki arti sebagai sebuah Perusahaan Komanditer. Dimana perusahaan ini memiliki tipe kepemilikan saham yang unik dan juga sederhana. Sebab berdirinya sebuah CV paling tidak harus didasari dari adanya kesepakatan dua orang. Sehingga perusahaan jenis CV juga sering dimaknai sebagai sebuah persekutuan antara seseorang atau beberapa orang yang memberikan kepercayaan yang dapat berupa barang atau modal uang kepada seseorang atau beberapa orang lainnya yang dipilih untuk bertindak sebagai pihak yang menjalankan operasional perusahaan dalam hal ini bisa dikatakan sebagai pemimpin perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan yang menerapkan cara kerja CV maka akan memiliki dua sekutu utama sebagai bagian dari perusahaan. Sehingga diperlukan adanya perjanjian hukum yang sah dan memiliki legalitas yang  kuat agar di suatu hari jika terjadi kesalahpahaman maka dapat diselesaikan dengan menempuh jalur hukum. Oleh karena itu, agar legalitas hukum mudah didapatkan maka menggunakan jasa pengurusan CV Sidoarjo merupakan solusi yang tepat agar pendirian CV anda dapat berjalan dengan lancar.

Agar proses usaha yang dilakukan di dalam perusahaan berjenis CV atau perusahaan komanditer dapat berjalan dengan lancar maka paling tidak perusahaan tersebut harus memiliki dua pihak sekutu sebagai pondasi dasar berdirinya sebuah perusahaan komanditer. Dimana nantinya jika anda menggunakan jasa pengurusan CV Sidoarjo, maka perusahaan jasa tersebut akan membantu menjelaskan persyaratan pendirian CV serta legalitas hukum yang dibutuhkan diantara kedua belah pihak. Pihak pertama di dalam perusahaan komanditer atau yang biasa disebut dengan sekutu aktif adalah pihak atau seseorang di dalam perusahaan yang berhak untuk membuat seluruh kebijakan perusahaan serta memiliki hak untuk melakukan kerja sama dengan pihak ketiga atau perusahaan lain. Selain itu sekutu aktif juga memiliki kewajbiban untuk memberikan laporan keuangan baik berupa keuntungan perusahaan atau kerugian perusahaan kepada pihak lainnya. Sehingga sekutu aktif juga sering disebut sebagai persero kuasa atau persero pengurus.

Selain itu di dalam perusahaan komanditer juga terdapat pihak kedua yang biasa disebut sekutu pasif atau biasa dikenal dengan sekutu komanditer. Dimana sekutu atau pihak ini hanya bertugas sebagai pihak yang memberikan modal kepada perusahaan baik modal berupa uang maupun berupa barang. Sehingga apabila perusahaan menderita kerugian maka pihak inilah yang memiliki tanggung jawab untuk menutup kerugian tersebut. Sama halnya apabila perusahaan mendapatkan keuntungan maka pihak ini berhak mendapatkan laba sesuai dengan jumlah modal yang ia tanamkan pada perusahaan. Sehingga pada umumnya pihak ini disamakan sebagai pihak investor yang mendanai jalannya proses usaha pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu pihak ini juga sering disebut sebagai persero diam. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda pemula di dalam dunia bisnis untuk menggunakan jasa pendirian CV salah satunya adalah jasa pengurusan CV Sidoarjo. Sebab nantinya perusahaan jasa tersebut akan memberikan penjelasan yang terperinci mengenai tata cara berjalannya perusahaan terutama pada hal-hal yang berpotensi sebagai bibit masalah seperti masalah pembagian hak dan kewajiban.

Sebelum mendirikan sebuah badan usaha maka hal pertama yang anda butuhkan adalah akta pendirian badan usaha anda sebagai dokumen dasar yang akan memperkuat legalitas badan usaha yang anda miliki serta proses usaha yang nantinya akan anda jalankan. Akta pendirian CV atau perusahaan komanditer sendiri harus dikeluarkan oleh pihak yang memiliki wewenang yaitu Notaris. Sehingga sebagai langkah awal anda perlu memilih notaris yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Selanjutnya anda wajib mendatangai kantor notaris pilihan anda bersama partner bisnis anda untuk menyerahkan data diri lengkap sebagai bagian dari dokumen persyaratan pembuatan akta pendirian CV. Namun jika anda menggunakan jasa pengurusan CV Sidoarjo maka anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor notaris. Sebab badan jasa tersebut yang nantinya berperan sebagai perantara atau moderator yang akan mengurus legalitas hukum badan usaha yang akan anda dirikan. Sebab memilih notaris yang memiliki kredibilitas dan kualitas yang baik juga bukanlah perihal yang mudah. Oleh sebab itu selagi legalitas hukum diurus oleh pihak badan jasa yang anda gunakan, maka anda dan rekan bisnis memiliki waktu senggang yang dapat digunakan untuk memperkuat kebijakan-kebijakan pada perusahaan yang akan anda dirikan.

Setalah selesai melakukan pembuatan akta pendirian badan usaha maka dokumen selanjutnya yang wajib anda miliki adalah Surat Keterangan Domisili Perusahaan atau yang biasa disingkat dengan SKDP. Surat ini memiliki fungsi sebagai pelengkap dari dokumen sebelumnya yang anda urus yakni akta pendirian badan usaha. Sebab surat ini memiliki fungsi yang sama dengan adanya KTP atau Kartu Tanda Penduduk yang menjelaskan domisili pihak pemegang kartu di wilayah Indonesia. SKDP sendiri memiliki fungsi yang sama yakni untuk menjelaskan tempat domisili badan usaha di wilayah Indonesia sedangkan akta pendirian usaha berfungsi untuk memperkuat eksistensi dari badan usaha itu sendiri. Sehingga ketika perusahaan anda akan membangun kerja sama dengan pihak ketiga atau perusahaan lainnya maka surat keterangan tersebut akan memberikan pihak ketiga kepercayaan lebih terhadap perusahaan anda. Sebab eksistensi dan letak perusahaan anda dapat dengan jelas dan mudah ditemui. Untuk memperoleh surat keterangan domisili perusahaan maka anda harus mengurus dokumen-dokumen persyaratan kepada pemerintah setempat dimana perusahaan anda akan didirikan. Pada umumnya pengurusan dokumen yang melibatkan kepemerintahan daerah membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Oleh karena itu menggunakan jasa pengurusan CV Sidoarjo dapat menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Leave a Comment